Sistem Suspensi Pada Sepeda Motor

Teman2 saya akan berbagi sedikit ilmu tentang suspensi depan sepeda motor,...silahkan di simak & di baca jika ada yang kurang tolong di koreksi......

SUSPENSI DEPAN PADA SEPEDA MOTOR

Sistem suspensi merupakan salah satu bagian pada chasis sepeda motor yang berfungsi menyerap bantingan, kejutan maupun getaran dari permukaan jalan dengan tujuan meningkatkan keamanan, kenyamanan dan stabilitas berkendara. Selain itu sistem suspensi juga berfungsi untuk menopang bodi & rangka sepeda motor untuk menjaga letak geometris antara bodi & roda-roda. Prinsip kerja sistem suspensi adalah sebagai berikut :
1.Pada saat kendaraan melewati permukaan jalan yang tidak rata. Kendaraan akan mengalami kejutan    dan getaran yang diterima roda dari permukaan jalan, kemudian kejutan dan getaran tersebut akan      diteruskan oleh roda ke sistem suspensi. Pegas suspensi bereaksi dengan cara melakukan gerakan        mengayun, kemudian dikembalikan lagi (rebound) ke roda, sehingga kejutan dan getaran tidak            langsung diterima oleh bodi/rangka.
2. Setelah kendaraan melewati permukaan jalan yang tidak rata. Gerakan ayunan pegas tetap akan          berlangsung beberapa saat walaupun kendaraan telah melewati permukaan jalan yang tidak rata.          Keadaan ini akan mengakibatkan pengendaraan tidak nyaman dan berbahaya. Untuk mengatasi hal    ini, peredam kejut atau (shock absorber) dipasangkan pada sistem suspensi, dimana peredam kejut      akan bekerja menyerap kelebihan ayunan (osilasi) pegas sehingga pengendalian akan terasa stabil.      Oleh karenanya, unit sistem suspensi biasanya merupakan gabungan/kombinasi antara pegas dan        peredam kejut.

Gambar 3. 1 Grafik Getaran.

A. Sistem Suspensi Depan
Jenis sistem suspensi depan yang umum digunakan pada sepeda motor diantaranya :
1. Suspensi Bottom Link/Pivoting Link, jenis ini dipergunakan pada sepeda motor tipe cub (Leading       link) dan scooter (Trailing Link) model lama, dan belakangan ini sudah tidak begitu populer.               Konstruksi suspensi bottom link dapat dilihat pada gambar di bawah ini.
Gambar 3. 2 Suspensi Bottom Link/Pivoting Link

2. Desain garpu standar pada sepeda motor dikenal sebagai garpu telescopic karena terbuat dari               tabung garpu yang berisi komponen suspensi seperti pegas, peredam dan minyak. Tabung garpu         teleskop konvensional dengan satu tabung masuk ke dalam yang lain untuk operasi peredaman.
    Suspensi Telescopic, jenis ini paling banyak dipergunakan pada sepeda motor cc kecil sampai             dengan cc sedang.
Gambar 3. 3 Suspensi Teleskopik

Sekian dulu teman-teman yang bisa saya tulis di blog ini semoga ada manfaatnya,..jika adakekurangan mohon maaf yg seiklas-ikhlasnya...




Komentar

  1. Casino Games | Oyster Hotel Reviews & Rates - Goyang
    Discover the best 바카라 양방 casino games and casinos in Vegas. Grab the latest Las Vegas casinos and m2슬롯 get your 실시간바카라 Vegas casino 실시간 바카라 사이트 There are no 통장 협박 대처법 bonuses or promo codes for

    BalasHapus
  2. Casino near Oxford, Oxford Casino, New Hampshire - Mapyro
    Casino near Oxford, Oxford, Oxford Casino, 당진 출장샵 New Hampshire. Mapyro has 3 tables of playing and 3 dining options. See map and 안성 출장샵 reviews 논산 출장샵 of 김제 출장안마 Oxford, Oxford Casino, 전라남도 출장샵

    BalasHapus

Posting Komentar